Jenis-jenis Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Part 2

Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang sering dijalankan pebisnis online:

1. PTC (Paid To Click)

Program PTC adalah program dimana kita akan dibayar hanya untuk nge-klik iklan-iklan yang disediakan oleh pihak penyelenggara program PTC. Setelah kita nge-klik iklan yang diberikan, kita harus melihat website yang kita klik iklannya minimal selama 30 detik.

Memang program ini terkesan mudah dan bisa memberikan penghasilan tanpa harus kerja keras dan tidak butuh modal. Pada kenyataannya, Anda akan membutuhkan biaya untuk koneksi internet atau ke warnet, dan juga harus menghabiskan waktu yang tidak sebentar dalam melakukannya. Uang yang ditawarkan untuk sekali klik iklan juga sangat murah, sangat tidak sebanding dengan waktu yang Anda habiskan untuk melakukannya.

Menurut saya pribadi, program PTC hanya akan membuang-buang waktu Anda yang berharga. Kalau Anda ingin berbisnis online yang sesungguhnya, sebaiknya jangan pilih PTC. Tapi bila Anda hanya ingin iseng saja, silahkan mencoba mengikuti program PTC.

2. PTS (Paid To Survey)

Program PTS adalah program dimana kita dibayar untuk mengisi angket atau survey yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Tujuan dari program PTS ini sebenarnya adalah untuk mendapatkan gambaran dari masyarakat secara online tentang sebuah produk, jasa, atau sebuah website. Kita akan dibayar jika mengisi angket/ survey yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Program PTS biasanya memang gratis, tapi Anda pasti akan mengeluarkan biaya untuk koneksi internet dan juga harus menyisihkan waktu Anda untuk mengisi survey online. Saya menganggap ini bukan bisnis online gratis tanpa modal karena tetap saja kita mengeluarkan uang untuk koneksi internet.

Program ini memang mudah dilakukan dan biasanya tidak butuh waktu terlalu lama. Namun, jika kita bicara tentang sebuah bisnis untuk jangka panjang, maka program PTS bukanlah pilihan yang tepat. Anda memang bisa mendapatkan uang dari program ini, tapi tidak banyak dan survey yang bisa diisi juga terbatas.

2. PPC (Pay Per Click)

Program PPC ini adalah program yang bisa diikuti oleh mereka yang punya website atau blog yang kemudian disebut dengan publisher. Publisher akan dibayar oleh pihak penyelenggara program PPC jika pengunjung website/ blog miliknya melakukan klik pada iklan yang ada di dalam blog tersebut. Namun, pemilik website tidak boleh meng-klik yang ada di dalam blognya karena akan merugikan pihak pengiklan.

Program PPC adalah salah satu jenis bisnis online yang menurut saya cukup menjanjikan. Selain kita bisa mengembangkan kemampuan dalam membangun website/ blog, kita juga bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Salah satu program PPC yang banyak disukai oleh publisher adalah Google Adsense. Perusahaan ini berlokasi di Amerika Serikat, namun sudah mengembangkan bisnisnya ke manca negara, termasuk Indonesia. Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan PPC lainnya, baik itu lokal ataupun dari luar negeri, diantaranya; Chitika.com, Bidvertiser.com, Kliksaya.com, Adsensecamp.com, Kumpulbloger.com, Sitti.co.id, dan lain-lain.

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis online untuk jangka panjang, maka program PPC adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan. Namun, Anda harus mulai membangun website/ blog untuk bisa mendaftar menjadi publisher PPC. Memang membuat website/ blog itu terkesan sulit dan mahal, padahal sebenarnya tidak sesulit dan semahal yang dipikir oleh banyak orang.

3. PPS (Pay Per Sale)

Program PPS adalah program dimana kita akan dibayar jika kita berhasil menjual sebuah produk/ jasa/ membership, kepada orang lain. Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher PPS sangat beragam, tergantung persentase yang diberikan oleh pihak penyelenggara program PPS.

Sama halnya dengan program PPC, biasanya untuk menjadi publisher program PPS kita harus memiliki sebuah website atau blog. Melalui website/ blog tersebut kita bisa memasarkan produk-produk yang dijual oleh pihak penyelenggara PPS. Setiap publisher diberikan link affiliate, dan ketika seseorang membeli produk dari link affiliasi tersebut maka publisher akan mendapatkan uang. Beberapa program PPS yang sangat terkenal adalah Amazon.com, ClickBank.com.

4. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah tehnik penjualan dimana penjual tidak menyetok barang yang dijual, dan ketika ada order barang dari calon pembeli, penjual akan meneruskan detail order barang dan alamat pembeli tersebut kepada supplier/ produsen. Dengan kata lain, bisnis ini bisa dijalankan tanpa harus punya barang atau modal untuk pembelian barang.

Tapi tunggu dulu, bukan berarti Anda tidak mengeluarkan uang sama sekali. Untuk menjalankan bisnis dropship secara online tentunya Anda harus punya koneksi internet, ini salah satu cost yang harus Anda keluarkan secara rutin. Selain itu, bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis dropship lebih profesional biasanya akan membangun sebuah website untuk memajang display barang yang dijual. Tentu saja ini adalah cost juga yang harus dikeluarkan, jadi tidak bisa benar-benar gratis atau modal dengkul hehehe.

5. Menyediakan Jasa

Bisnis online menyediakan jasa ada banyak kita temukan di internet. Salah satu yang sering saya temukan adalah jasa membuat website, jasa pemasaran online, jasa SEO, dan masih banyak yang lainnya. Biasanya bisnis menyediakan jasa online ini disediakan oleh mereka yang punya keahlian atau kelebihan khusus yang jarang dimiliki orang lain.

Para pengguna jasa biasanya adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tertentu, atau bisa juga karena tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya. Bisnis online penyedia jasa tentunya harus mengeluarkan biaya untuk mempromosikan bisnis mereka secara online ataupun offline. Selain itu, biaya operasional bisnis ini pastinya ada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: